Aplikasi Bantu Permudah Pendataan Jamaah Kajianmu

Pada bulan Juni 2018 lalu secara resmi Kajian Memberdayakan umat (Kajianmu) telah meluncurkan aplikasi guna menyempurnakan gerakannya selama ini. Kegiatan peluncuran sekaligus buka bersama relawan Kajianmu diselenggarakan di Sedayu, Bantul. Yakni di rumah Muhammad Ghufron Mustaqim selaku penggagas program tersebut. Kajianmu merupakan program pemberdayaan masyarakat berbasis pengajian dan memberikan pinjaman tanpa jaminan, tanpa bunga yang penting datang pengajian.

Hampir selama satu tahun Kajianmu menjalankan programnya dengan menggunakan sistem manual. Segala administrasi seperti data jamaah, kartu prestasi mengaji, nominal pinjaman, dan catatan angsuran dicatat di kertas. Hal tersebut dirasa kurang efektif karena resiko catatan hilang atau tertukar menjadi sangat besar, memakan tempat, serta membutuhkan biaya operasional yang banyak. Aplikasi bertujuan membantu kegiatan dakwah dan pemberdayaan Kajianmu sehingga berlangsung efektif dan efisien.

“Aplikasi ini dikembangkan sehingga mempermudah pamong jamaah dalam mengelola administrasi. Sekaligus InsyaAllah dengan telaten nantinya bisa dilakukan pemanfaatan big data untuk membuat pemberdayaan yang lebih powerful”. Papar Ghufron.

Aplikasi dapat diunduh secara gratis melalui playstore dengan keyword “Kajianmu”. Maka, akan muncul ikon Kajianmu yang berupa daun. Dalam aplikasi yang baru diluncurkan tersebut, ada 6 fitur yang dapat digunakan. Enam fitur itu meliputi Tambah Jamaah, Progres Ngaji, Pinjaman Angsuran, Tabungan, Profil Usaha, dan Artikel. Semua data yang terkait dengan sistem pemberdayaan Kajianmu akan tersimpan rapi di ruang maya. Selain itu, penggunaan aplikasi ini tidak terbatas pada kalangan relawan Kajianmu di Yogyakarta saja. Namun juga dapat diduplikasi oleh pihak lain seperti para takmir masjid yang ingin mengadakan Kajianmu di lokasinya. Setelah ada konfirmasi, barulah akun diaktivasi melalui dashboard oleh administrator Kajianmu. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan tugas para pamong dalam mengkoordinir jamaah di setiap majelis Kajianmu dapat terbantu. [Fiy]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *